May 31, 2016

Cara Mudah Membuat Kolak Singkong

Resep Membuat Kolak Singkong - Menyambut bulan ramadhan tiba, tentunya para bunda dirumah telah sibuk mempersiapkan aneka bahan makanan untuk keperluan menjelang hari tersebut tiba. Ada banyak makanan maupun menu masakan khas yang selalu hadir dalam memeriahkan suasana bulan ramadhan, salahsatunya yaitu kolak. Kolak merupakan sajian makanan yang selalu hadir dalam menemani waktu berbuka, rasanya yang manis dan nikmat ini menjadikan kolak banyak diminati.
Aneka macam jenis kolak, apa saja ???
Kolak beraneka ragam yang dapat kita nikmati sebagai menu untuk berbuka puasa, salah satunya yaitu kolak singkong. Kolak singkong mempunyai citarasa yang manis dan enak, terlebih jika dalam menghidangkannya dilengkapi dengan potongan es batu tentunya akan membuat kolak singkong ini menjadi lebih segar. Cara membuat kolak singkong ternyata sangat muah sekali dan tidak memerlukan waktu yang lama. Dan kebetulan bagi bunda dirumah yang ingin menyajikan kolak singkong ini sebagai menu untuk berbuka puasa bagi keluarga namun belum tahu cara mengolah dan bahan apa saja yang harus digunakan, berikut dibawah ini resep kolak singkong yang dapat anda coba.
Resep Membuat Kolak Singkong
Kolak Singkong
Bahan Bahan
  • 350 gram gula merah (disisir halus)
  • 1 sdt kecil garam halus
  • 500 mil air santan kelapa
  • 1 kg singkong
  • 2 lembar daun pandan (simpulkan)
  • 1.500 mil air untu merebus
  • 10 buah kurma (iris sesuai selera)
  • 1 sdm bubuk wijen sangrai
Indosian Food : Resep Membuat Kue Biji Ketapang
Cara membuat kolak singkong
  1. Singkong yang sudah disiapkan terlebih dulu dikupas dari kulitnya, setelah itu potong-potong sesuai selera dan cuci sampai bersih.
  2. Masak air dengan menambahkan daun pandan sampai panas, kemudian masukkan potongan singkong dan masak sampai singkongnya matang atau agak lunak.
  3. Masukkan irisan kurma, gula merah yang sudah disisir halus dan garam, aduk rata.
  4. Menjelang matang, masukkan air santan kelapa dan bubuk wijen.
  5. Aduk secara perlahan agar semua bahan kolak tercampur rata dengan sempurna.
  6. Kemudian masak sampai mendidih.
  7. Setelah kolak singkongnya matang, angkat kemudian tiriskan sejenak.
  8. Untuk penyajian, siapkan beberapa mangkuk kemudian tuangkan kolak singkong lengkap dengan kuahnya, dan kolak singkongpun sudah siap untuk dinikmati.
Selesai sudah proses membuat kolak singkongya sobat. Bagaimana mudah sekali bukan cara membuat nya sedangkan bahan bahannya juga praktis. Terus ikuti resep terbaru dari kami Indonesian Food dan Semoga resep kali ini bermanfaat bagi pecinta kuliner semuanya. 


EmoticonEmoticon